Kamis, 03 Maret 2011

Cerita - Cerita pendek Imam Asy-syafi'i

Kelahiran Imam Asy-Syafi'i

     Ditengah nostalgia masa lalu, Imam Asy-Syafi'i bercerita tentang sekelumit perjalanan hidupnya....... Beliau memulainya dari saat masa kecil beliau....
     
    Beliau berkata, " Aku di lahirkan di Gaza tahun 150, Ibuku membawaku ke Asqolan karna Beliau takut jika aku kehilangan nasab atau di putus dari nasabku. "Sesungguhnya Aku takut pertalian darahmu akan terputus", kata beliau, Lalu Ibuku menyiapkanku untuk berangkat ke Mekkah. Akupun tiba di Kota itu, ketika itu usiaku 10 tahun , Aku berkumpul dengan keluargaku dan mulai menuntut ilmu. Ada yang berkata padaku:" Janganlah kamu menyibukkan diri dengan persoalan ini (menuntut Ilmu), tekunilah sesuatu yang dapat bermanfaat bagimu", Namun tekadku sudah bulat untuk menuntut Ilmu, karna itu Aku tetap memilih untuk belajar."
     
    Pada suatu hari, Amr bin Sawad duduk bersama Imam Asy-Syafi'i, Beliau bercerita tentang perjalanan hidupnya. Dengan santun Beliau berkata," Aku dilahirkan di Asqolan (Daerah GAZA), Saat usia Dua tahun ibuku membawaku keMekkah, ketika itu aku hanya tertarik pada Dua hal: memanah dan menuntut ilmu, Aku mahir memanah. Aku pernah membidik sepuluh sasaran dari sepuluh anak panah". Imam Asy-Syafi'i tidak bersikap sombong, Beliau tidak menceritakan kadar keilmuannya. Amr Bin Sawad segera menyadarkan Imam Asy-Syafi'i untuk tidak tawaduk:" Demi Alloh swt! keilmuanmu jauh lebih hebat daripada kemahiran memanahmu." kata Amr.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar